SUARA INDONESIA SURABAYA

Durian Produk Lokal Wonosalam Jombang,Rasanya Manis Legit Pahit Diburu Pelanggan

Gono Dwi Santoso - 04 February 2022 | 15:02 - Dibaca 5.81k kali
Kuliner Durian Produk Lokal Wonosalam Jombang,Rasanya Manis Legit Pahit Diburu Pelanggan
Penjual Durian Ida Nanik saat menunjukan buah durian Simas di desa wonosalam kecamatan wonosalam kabupaten Jombang, Jumat (04/02/2022).Foto: (Suara Indonesia.co.id /Gono Dwi Santoso)

 

JOMBANG- Kelezatan buah durian hampir semua orang tahu. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis legit di lidah, tetap jadi primadona bagi penggemarnya.

Kelezatan buah durian salah satunya bisa ditemui di Desa/Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Durian disini tak kalah dengan daerah lain di Jatim, durian asli Jombang juga cukup menggiurkan.

Masuk ke desa ini, pengunjung akan disambut para penjual durian. Durian yang dijajakan juga bervariasi. Tentunya setiap jenis memiliki rasa yang berbeda.

Disamping rasanya yang khas yakni pahit legit. Pengunjung juga dimanjakan dengan suasana yang sejuk, karena dekat pegunungan. Sehingga bisa bersantai melepas lelah sembari menikmati durian.

Disampaikan salah satu penjual durian, Ida Nanik (38), ada dua jenis durian yang terkenal di Desa Wonosalam. Masing-masing Durian Bido dan Durian Lokal setempat.

Meski dua jenis durian yang terkenal di desa ini, namun jenis durian yang lain juga tak kalah. Mulai dari jenis Durian Manalagi, Durian Susu, Durian Bawor, Durian Duri Hitam, Durian Montong Kani, dan Durian Simas atau non kolesterol.

"Durian yang kami jual disini rata-rata durian asli masak pohon. Sehingga cita rasa masih tetap terjaga," ucap Ida, Jumat (4/2/2022).

Harga yang ditawarkan juga bervariasi sesuai jenis duriannya, namun tak membuat kantong bolong. Seperti Durian Simal dijual mulai harga Rp 35 ribu hingga Rp 75 ribu.

"Sedangkan untuk Durian Lokal kisaran mulai dari harga Rp 35 ribu sampai dengan Rp 150 ribu," tambahnya.

Menurut dia, durian yang paling laris adalah durian jenis lokal Wonosalam. "Karena rasanya manis pahit dan legit, peminatnya banyak. Ada juga yang istimewa yakni durian duri hitam interest. Durian ini berasal dari Malaysia namun dikembangkan di Wonosalam," pungkasnya.

Sementara diungkapkan salah satu pecinta durian, Gading Setiawan (50), ia mengaku sering langganan beli durian lokal di Wonosalam. 

"Sudah bertahun-tahun menjadi langganan durian disini. Setiap jenis varietas baru keluar saya selalu tau dan ikut merasakan buahnya," ungkapnya.

Sementara, kata Gading, untuk jenis durian yang paling lezat menurutnya adalah Durian Bawor. 

"Nikmat ya, karena tekstur dagingnya tebal banget, tak kalah dengan durian montong dan semacamnya," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya