Dispendik Gresik Datangkan 700 Komputer dari Jakarta, Ini yang Dilakukan

Dispendik Gresik Datangkan 700 Komputer dari Jakarta, Ini yang Dilakukan
Peristiwa Daerah
Penyemprotan kontainer berisi komputer di depan Kantor Dispendik Gresik

GRESIK - Tiga truk kontainer bermuatan 700 komputer yang baru datang dari Jakarta disemprot disinfektan di depan Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik, Kamis (27/3/2020).

Penyemprotan disinfektan itu ntuk mencegah penyebaran virus corona, mengingat Jakarta merupakan zona merah. Rencananya komputer itu untuk keperluan siswa yang hendak ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Kadispendik Gresik Mahin menjelaskan, penyemprotan tidak hanya dilakukan pada bagian truk saja. Komputer yang baru diturunkan juga dilakukam penyemprotan.

"Ada 700 komputer yang datang. Semuanya kami semprot disinfektan," kata Mahin saat meninjau penyemprotan.

Mahin menyebutkan, truk kontainer sengaja disemprot disinfektan untuk mencegak penyebaran Covi-19. Apalagi barang elektronik itu didatangkan dari Jakarta dan melewati beberapa Kabupaten/Kota.

"Jadi wajar saja kami melakukan antisipasi itu," imbuhnya.  Komputer ini akan dibagikan kepada sekolah-sekolah untuk keperluan siswa SD sampai SMP ujian nasional berbasis komputer (UNBK). 

Namun, krena kondisi semakin memburuk, ujian nasional akhirnya dibatalkan oleh Kemendikbud. Otomatis pemasangan komputer di sekolah-sekolah ditunda.

Komputer tersebut tetap akan digunakan pada tahun ajaran berikutnya. Tidak hanya UN tingkat SD dan SMP saja yang dibatalkan oleh Kemendikbud. Tingkat SMA juga mengalami hal serupa.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Gresik, Puji Astuti menambahkan, UN yang sudah berjalan hanyalah di tingkat SMK. Untuk SMA dibatalkan karena pandemi covid-19.

"Nanti penilaian kelulusan dirubah. Ujian sekolah sama nilai semester jadi penilaian kelulusan," ujar Puji sapaan akrabnya.

Disebutkan, sebanyak 6.000 murid SMA di Gresik yang batal melaksanakan UN. Sehingga mereka harus belajar dari rumah. Mereka dipantau dan diberi tugas melalui online tanpa bertatap muka.


Kontributor : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar