Banjir Kali Lamong Gresik Mulai Menyapa

Banjir Kali Lamong Gresik Mulai Menyapa
Peristiwa Daerah
Kondisi banjir di wilayah Kecamatan Balongpanggang

GRESIK - Banjir akibat luapan Kali Lamong kembali melanda puluhan rumah di sejumlah desa Kecamatan Balongpanggang, Gresik, Jawa Timur, Rabu (27/5/2020).

Informasi yang dihimpun, air mulai menggenangi rumah warga sekitar pukul 03.00 WIB. Di Desa Banjaragung dan Wotansari misalnya. Jalan penghubung kedua desa itu terendam.

Meski banjir tidak terlalu besar, masyarakat juga mengantisipasi banjir susulan akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. Warga setempat tetap memilih tinggal di rumahnya masing-masing.

"Sudah sering banjir seperti ini. Masyarakat disini sudah terbiasa sehingga tetap berada di rumah," kata Kasman, Sekretaris Desa Wotansari.

Dia menyebutkan, wilayah yang paling terdampak adalah Dusun Tlatah. Lokasinya dekat dengan bantaran Kali Lamong. Ada sekitar 15 rumah yang terendam. Sementara puluhan lainnya hanya terdampak di bagian dapur dan halaman.

"Total sekitar 65 rumah warga yang terdampak. Yang paling parah hanya belasan," ungkap Kasman.

Meski dilanda banjir, dirinya bersyukur tidak sampai membuat petani gagal panen. Sebab, tidak merendam seluruh area persawahan.

Sementara itu, anggota BPBD Gresik Atmari menyebutkan, banjir Kali Lamong juga merendam wilayah Kecamatan Benjeng. Salah satunya Desa Sedapurklagen. Jalan poros desa tergenang sekitar 25 cm.

"Ada sekitar 20 rumah yang juga terdampak. Tapi banjir sudah mulai berangsur surut," pungkasnya.


Kontributor : Syaifuddin Anam
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar