Bantu Penanganan Wabah Covid-19, Pertamina Salurkan 1 Unit Ambulan Ke Pamkab Tuban

Bantu Penanganan Wabah Covid-19, Pertamina Salurkan 1 Unit Ambulan Ke Pamkab Tuban
Peristiwa Nasional
Perwakilan dari GRR Tuban saat menyerahkan 1 unit ambulans secara simbolis kepada Bupati Tuban

TUBAN - Adanya wabah Covid-19 membuat pemerintah harus berjibaku dalam menanggulanginya. Sebagai penunjang kinerja petugas, terutama tim medis dalam penanganan pandemi Corona, PT Pertamina (Persero) melalui Grass Root Refinery (GRR) Tuban menyerahkan bantuan satu unit ambulans kepada Pemerintah Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

Bantuan ambulans tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan GRR Tuban dan diterima oleh Bupati Tuban yang disaksikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat dihalaman kantor Pemkab Tuban. Rabu, (27/05/2020). 

Project Coordinator NGRR Tuban Kadek Ambara Jaya mengatakan, adanya wabah Covid-19 ini membuat Pertamina selaku perusahaan plat merah ikut andil dalam upaya penanganan penyebaran Virus Corona.

"Pertamina terus melakukan upaya untuk pencegahan penyebaran virus Corona, termasuk di wilayah Tuban," terang Kadek melalui press releasenya. 

Dia juga mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemkab Tuban dan pihak-pihak terkait, perihal bantuan apa yang bisa diberikan oleh Pertamina untuk penanganan Covid-19 di Bumi Wali. 

"Bantuan ambulans ini merupakan bentuk partisipasi aktif Pertamina dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di wilayah Tuban," katanya. 

Pria kelahiran Bali ini menambahkan, dengan adanya ambulans tersebut diharapkan bisa menunjang kinerja tim medis di Tuban untuk penanganan pasien Covid-19.

“Dan kita berharap mata rantai penyebaran virus Corona ini bisa segera terputus dan Indonesia terbebas dari Covid-19," paparnya.

Bantuan ambulans dari Pertamina tersebut merupakan mobil baru dengan tahun pembuatan 2020. Adapun fasilitas yang ada didalamnya masing-masing, yakni kursi perawat/pengiring berkapasitas 2 orang, gantungan infus, hand sanitary, sistem oksigen suplai (oxygen therapy set), nasal cannula dan masker oksigen.

Sedangkan lainnya, yakni automatic ambulance stretcher roll in cot, berupa konstruksi dengan bahan aluminium alloy dan dilengkapi matters serta 3 buah strap dan tiang infus. Selain itu, kendaraan medis tersebut juga dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran dan kotak obat (P3K).

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda sangat mengapresiasi langkah Pertamina yang memberikan bantuan 1 unit ambulans tersebut. Bantuan tersebut sangat membantu tugas tim gugus dalam percepatan penanganan Covid-19 di Tuban.

"Kebutuhan ambulans di masa pandemi ini memang sangat tinggi. Dengan bantuan dari Pertamina GRR ini tentunya bisa digunakan untukmempercepat antar jemput pasien," pungkasnya.

Sekedar diketahui bahwa, sebelumnya Pertamina GRR Tuban telah menyalurkan bantuan dan melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Tuban. Di antaranya yakni penyaluran 3.000 paket sembako untuk 17 desa di Kecamatan Jenu, penyemprotan disinfektan di jalanan dan fasiltitas umum di 17 desa  di Kecamatan Jenu. 

Tidak hanya itu, GRR juga telah menyumbangkan puluhan set Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis di Tuban, puluhan ribu lembar masker, ratusan pasang sarung tangan, 50 liter hand sanitizer, 50 liter disinfektan, 5 unit alat semprot disinfektan, dan 5 unit thermal gun atau alat pengukur suhu tubuh. Bantuan itu disebar di balai-balai desa dan fasilitas kesehatan desa di Kabupaten Tuban. 


Kontributor : Achmad Junaidi
Editor : Imam Hairon
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar