default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

PAN Sarankan Jokowi Tolak Pemulangan Habib Rizieq sebagai Syarat Rekonsiliasi

PAN Sarankan Jokowi Tolak Pemulangan Habib Rizieq sebagai Syarat Rekonsiliasi
Internasional
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menyarankan Presiden Jokowi untuk menolak pemulangan Habib Rizieq Shihab sebagai syarat rekonsiliasi yang diajukan Gerindra.

Ia menilai, pemulangan imam besar FPI itu dan ide rekonsiliasi adalah dua hal yang sangat berbeda.

"Persyaratan pemulangan Habib Rizieq sebagai bagian dari rekonsiliasi, saya ingin menyerukan kepada presiden untuk menolak persyaratan tersebut," kata Bara, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

"Kasus Habib Rizieq itu adalah kasus hukum itu sendiri, rekonsiliasi itu merupakan rekonsiliasi politik yang memang dibutuhkan sebagai suatu tradisi dalam demokrasi setelah bangsa ini mengadakan pilpres (pemilihan presiden)," tambah dia.

Ia juga menegaskan, rekonsiliasi pasca pilpres seharusnya diwujudkan tanpa adanya persyaratan. Jika rekonsiliasi diajukan dengan syarat itu mengkhianati dari ide rekonsiliasi.

"Kalau itu dikaitkan dengan persyaratan yang dalam hal ini adalah pemulangan Habib Rizieq itu merupakan suatu pengkhianatan atas ide rekonsiliasi itu sendiri," tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani membenarkan bahwa pihaknya mengajukan pemulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air sebagai syarat rekonsiliasi pasca-Pilpres 2019.

Muzani tak membantah saat ditanya apakah Prabowo Subianto telah mengajukan syarat tersebut ke Presiden Joko Widodo.

Selain pemulangan Rizieq Shihab, Prabowo juga meminta pemerintah membebaskan sejumlah tokoh pendukung yang ditangkap karena terjerat kasus hukum.


Kontributor : E. Sofyan
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar