default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Dekan Fakultas Hukum Unej Terpilih Jadi Pimpinan KPK Periode 2019-2023

Dekan Fakultas Hukum Unej Terpilih Jadi Pimpinan KPK Periode 2019-2023
Peristiwa Nasional
Pimpinan KPK Terpilih, Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember Nurul Ghufron
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

JEMBER - Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember Nurul Ghufron terpilih menjadi salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2019-2023.

Langkah awal yang akan dilaksanakan yakni melakukan koordinasi dan konsolidasi internal KPK.

Hal ini disampaikan oleh Nurul Ghufron melalui telepon seluler, Jumat (13/9/2019).

Ia mengatakan, pasca pemilihan semalam oleh Komisi III DPR RI, pihaknya akan melakukan konsolidasi dan koordinasi sembari juga menunggu legislasi tentang RUU KPK.

"Kami akan laksanakan diawal adalah konsolidasi dan koordinasi sembari juga menunggu putusan RUU KPK yang sudah mulai di legislasi,"ujarnya.

Di internal pimpinan KPK sendiri menurutnya, masih banyak friksi satu sama lain dan ini yang akan di luruskan untuk membentuk satu gagasan serta visi misi bersama. Jika tidak dilakukan maka, visi misi dari KPK tidak akan menjadi solid.

"Masing-masing pimpinan pasti masih punya friksi-friksi tersendiri maka perlu kita koordinasikan sehingga menjadi satu gagasan yang sama dan tertuang dalan visi misi, sehingga akan menjadi solid," imbuhnya.

Selain itu, koordinasi pencegahan juga segera dilakukan dengan berkoordinasi bersama inspektorat, BPKP dan BPK. Lembaga ini bisa bersama dan bersinergi bersama dalam pemberantasan korupsi. 

"Di pencegahan akan dilakukan koordinasi dengan inspektorat dan BPK," tuturnya.

Ia menilai, korupsi adalah penyakit masyarakat yang harus diselesaikan. Terlebih lagi konsen dari KPK yakni fokus pada melindungi keuangan negara dari penyalahgunaan atau tindakan melawan hukum.

Saat diumumkan hasil pemilihan Capim KPK, pihaknya merasa bangga dan tidak percaya bisa terpilih, kemudian meminta masyarakat Indonesia untuk membantu dan memberikan masukan serta kritikan terkait kinerja KPK.

"Kami bangga dan tidak percaya, kami harap bisa mengemban tugas dengan amanah dan meminta masukan, kritik serta saran dari masyarakat Indonesia dalam penegakam korupsi," tutupnya.

Sebagai informasi 5 nama yang dipilih oleh Komisi III DPR RI untuk jadi pimpinan KPK yakni Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango dan Lili Pintauli Siregar.


Kontributor : Angga Juli Setiawan
Editor : Imam Hairon
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar