SUARA INDONESIA SURABAYA

Dikabarkan Belum Mendapat Izin, Begini Tanggapan RS Siloam

Lukman Hadi - 17 February 2021 | 20:02 - Dibaca 1.90k kali
Peristiwa Daerah Dikabarkan Belum Mendapat Izin, Begini Tanggapan RS Siloam
Foto: Gedung Rumah Sakit Siloam di kawasan Mal Cito Surabaya. (Lukman/suaraindonesia.co.id)

SURABAYA - Setelah beberapa kali mendapat peninjauan dari Pemkot dan Komisi A DPRD Surabaya, Manajemen Siloam Hospital Group turut memberikan penjelasan terkait perizinan Rumah Sakit Siloam di kawasan Mal Cito Surabaya.

Head of Public Relations Siloam Hospitals Group, Danang menjelaskan, jika pihak Siloam sudah mengajukan izin soal keberadaan RS Siloam Khusus Covid-19 ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya.

"Tidak mungkin kita tidak menyertakan izin. Karena kita sudah mempunyai banyak jaringan rumah sakit. Ini rumah sakit yang ke 40. Apalagi ini berkaitan dengan nyawa manusia," jelas Danang, Rabu (17/2/2021)

Selain itu, ia menjamin kalau udara yang dikeluarkan dari RS Siloam tersebut memiliki kualitas yang baik.

"Udara di sini kita proses dengan EPA filter dan negatif pressure. Kemudian bakteri, virus dimatikan dengan sinar UV. Jadi udara yang dikeluarkan sudah murni tidak terkontaminasi," akunya.

Ia juga menanggapi soal persyaratan pendirian bangunan rumah sakit yang harus memiliki batasan jarak dari pemukiman.

"Semua dokumen perizinan, mulai dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan lain sebagainya sudah kita serahkan. Kalau memang ada yang kurang kita lengkapi," tandasnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi A DPRD Surabaya, M Mahmud menginfokan, kalau pihak Siloam belum mendapat izin dari dinas-dinas terkait.

"Pengakuan dari semua dinas, pihak rumah sakit belum menyerahkan izin. Jadi tidak boleh beroperasional dulu," ungkap Mahmud selepas sidak ke RS Siloam Cito Surabaya, Rabu (17/2/2021).

Di satu sisi, Hariyanto mewakili Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya memastikan, pihak Dinkes Surabaya belum menerima permohonan izin operasional dari pihak Siloam terkait pendirian RS Darurat Covid-19.

"Intinya sampai sekarang belum ada izin sama sekali dari pihak Siloam. Dan, Dinas Kesehatan Kota Surabaya belum mengeluarkan surat apapun," tutur Hariyanto.

Diketahui, sampai saat ini keberadaan RS Siloam di kawasan Mal Cito Surabaya masih tetap mendapat penolakan dari warga, tenant dan penghuni apartemen yang berada di kawasan Mal Cito Surabaya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya