SUARA INDONESIA SURABAYA

Gubernur Khofifah Sampaikan Penegakan Prokes Harus Dilakukan secara Humanis

Lukman Hadi - 24 January 2022 | 12:01 - Dibaca 394 kali
Peristiwa Daerah Gubernur Khofifah Sampaikan Penegakan Prokes Harus Dilakukan secara Humanis
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan arahan kepada petugas patroli protokol kesehatan saat apel di Lapangan Kodam V Brawijaya.

SURABAYA - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur menggelar Apel Gelar Pasukan Pamor Keris Patroli Motor Penegakan protokol kesehatan (Prokes), di Lapangan Kodam V Brawijaya, Senin (24/1/2022).

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan arahan kepada seluruh peserta apel.

Khofifah menyampaikan, kewaspadaan harus dilakukan secara sistematis, programatik dan sinergitas dalam mengantisipasi virus varian Omicro.

Ia mengatakan, bahwa ada beberapa langkah antisipasi mencegah dan mengendalikan laju virus varian Omicron.

Menurutnya, pendeteksian dan intervensi dini serta pemetaan kerawanan di masing masing lokasi agar patroli dapat tepat sasaran dan harus benar benar dilaksanakan dengan baik.

"Lakukan kegiatan preventif berupa giat edukasi kepada masyarakat tentang menjalankan prokes," ujar Khofifah.

Ia pula mengingatkan kepada seluruh petugas patroli prokes agar senantiasa melakukan kegiatan kepada masyarakat secara humanis.

"Laksanakan tugas secara humanis dan profesional serta hindari tindakan arogan selama melaksanakan tugas," kata Gubernur Perempuan Jatim itu.

Tak lupa pula, kata dia, turut melakukan melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di lokasi yang rawan terjadinya penyebaran Covid-19.

"Membutuhkan stamina untuk bisa membangun semangat, bahwa ketika kehidupan yang lain sudah harus bergerak, maka pengendalian Covid-19 harus dilakukan secara sistematik," ungkapnya.

Selain itu, yang terpenting ialah tetap mendorong percepatan vaksinasi terutama lansia dan anak-anak.

"Sampai saat ini masih ada 8 Kabupaten capaian vaksinasi untuk publik belum 70 persen. Sehingga harus meningkatkan kordinasi dengan kab/kota vaksin untuk lansia dan anak anak harus terus dimaksimalkan," tegasnya.

Kemudian meyiapkan tenaga kesehatan (nakes) dan relawan yang ditempatkan di berbagai isoter yang sudah disediakan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya