SUARA INDONESIA SURABAYA

Berkah Isra Mi'raj, NasDem Surabaya Gelar Khitan Massal

Lukman Hadi - 28 February 2022 | 18:02 - Dibaca 1.65k kali
Peristiwa Daerah Berkah Isra Mi'raj, NasDem Surabaya Gelar Khitan Massal
Pelaksanaan khitan massal di Kantor DPD NasDem Surabaya.

SURABAYA - DPD Partai NasDem Surabaya mengadakan khitan massal dalam rangka Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan kedatangan Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh ke Surabaya.

Khitan massal yang diikuti 31 peserta anak-anak sudah berlangsung sejak pukul 08.00 WIB. Mayoritas peserta didominasi oleh umur 8 hingga 17 tahun. Mereka terlihat antusias mengikuti khitan massal ini.

"Ada sekitar 31 anak. Jadi kebetulan Isra' Mi'raj dan kunjungan juga dari pak Ketua Umum (Surya Paloh)," kata Ketua Pelaksana khitan massal, dr Iki Rahmat, Senin (28/2/2022).

Ia mengungkapkan bahwa khitan massal tersebut menggandeng Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan aksi nyata partisipasi NasDem Surabaya terhadap warga kurang mampu di Surabaya.

"Jadi memang ini membantu masyarakat yang kurang mampu melakukan kegiatan sunatan masal ini. Jadi pesertanya kisaran umur 8 sampek 17 tahun," jelas Wakil Ketua Bidang Kesehatan DPD NasDem Surabaya itu.

Ia berharap ke depannya bisa menggelar kegiatan-kegiatan positif lainnya setiap tahun. Bahkan bisa konsisten di moment-moment hari besar islam lainnya.

"Mudah-mudahan kita bisa setahun sekali, dan jika ada kesempatan kita tingkatkan lagi," tandasnya.

Sementara perwakilan PB IDI, dr Mariya Mubarika mengatakan, proses penyunatan yang dilakukan menggunakan metode 'cauter' atau sering disebut 'lasser'.

"Jadi tidak ada pendarahan, karena pembuluh darahnya itu langsung tertutup karena panasnya itu," tutur dr Mariya.

Dalam kegiatan ini, pihaknya menerjunkan dua tenaga medis dari dua rumah sakit.

"Kami IDI memang secara profesional mendukung salah satu kegiatan pengabdian masyarakat. Di mana saja, dan dilakukan siapa saja. Ini dokter dari Unair lalu ada juga beberapa dari Brawijaya," ungkapnya.

Di tempat yang sama, salah satu orang tua peserta, Hendra Hermawan mengaku sangat senang dan berterima kasih atas kegiatan yang diadakan NasDem.

"Terima kasih banyak untuk NasDem dalam kondisi sekarang ini diberikan fasilitas sunat gratis," ujar warga Wonokusumo, Semampir, Surabaya itu.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya