SUARA INDONESIA SURABAYA

BPDPKS Lakukan Promosi Edukasi Tentang Kelapa Sawit ke Guru dan Siswa di Jatim

Lukman Hadi - 08 April 2022 | 17:04 - Dibaca 454 kali
Peristiwa Daerah BPDPKS Lakukan Promosi Edukasi Tentang Kelapa Sawit ke Guru dan Siswa di Jatim
Kegiatan Palm Oil Edutalk di Surabaya.

SURABAYA - Dunia pendidikan akan terlibat aktif dalam mempromosikan kelapa sawit. Hal itu disepakati pada kerja sama antara Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Jawa Timur pada Maret 2022 lalu.

Ketua PGRI Jatim, Teguh Sumarno mengatakan, perkebunan sawit di Pulau Sumatera seperti di Provinsi Jambi, Palembang, dan Lampung menjadi sektor yang berkontribusi besar terhadap kehidupan masyarakat sekitar dan perekonomian daerah.

"UMKM-UMKM bersama SMA, SMK, guru bisa menciptakan perubahan-perubahan ekonomi sehingga ini meningkatkan martabat kabupaten/kota di Indonesia, terutama yang menjadi sentra sawit," kata Teguh pada kegiatan Palm Oil Edutalk di Surabaya.

Kegiatan ini diikuti oleh Guru dan siswa dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur yang berlangsung secara hybrid.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wahid Wahyudi memberikan dukungan dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Kelapa sawit di Jawa Timur ini masih sedikit asing. Saya tahu semuanya sering mendengar yang namanya kelapa sawit. Tapi, tidak banyak yang tahu bahwa kelapa sawit itu adalah komoditas strategis Indonesia," pungkas Wahid.

Wahid menambahkan, sektor pertanian khususnya perkebunan kelapa sawit tidak lagi identik dengan kemiskinan.

"Kelapa sawit memiliki peranan besar dalam pengentasan kemiskinan. Lantaran, 42 persen lahan perkebunan sawit di Indonesia dimiliki oleh petani-petani kecil," sebutnya.

Menurutnya, sektor perkebunan sawit pada setiap hektar lahannya mampu menghasilkan sekitar Rp3 juta - Rp4 juta per bulannya.

"Dan di Jawa Timur banyak SMA/SMK Pertanian yang perlu dimasuki komoditas kelapa sawit ini. Di Jember juga ada SMK yang ada bidang studi atau kompetensi keahlian Pertanian yang juga bisa dimasuki kelapa sawit ini," ujarnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya