SUARA INDONESIA SURABAYA

Sinergi KPU Surabaya dan PWI Jatim Bertujuan Sukseskan Pemilu 2024

Lukman Hadi - 12 August 2022 | 14:08 - Dibaca 372 kali
Peristiwa Daerah Sinergi KPU Surabaya dan PWI Jatim Bertujuan Sukseskan Pemilu 2024
KPU Surabaya dan PWI Jatim sinergi dalam rangka Pemilu 2024.

SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya sowan ke Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim dala rangka meningkatkan kualitas demokrasi.

Diketahui, dua tahun lagi, tepatnya pada 2024, Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi besar-besaran.

Karena hal itu KPU Surabaya ingin menerima masukan dari organisasi media terkait pengajuan anggaran publikasi sebelum ditetapkan.

"Masukan dan kritikan perlu kami dengar himpun sehingga proses pelaksanaan tahapan pemilu di Surabaya lebih baik. Berikutnya secara bersamaan kami sudah diminta oleh KPU Provinsi Jatim dan KPU RI untuk menyusun anggaran 2024," ujar Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi.

Ia menyampaikan, jika anggaran KPU secara nasional hanya disetujui 1,8 Triliun yang nantinya berdampak hingga ke tingkat bawah.

Menurut Syamsi, untuk pendaftaran parpol calon peserta pemilu sudah dimulai sejak 1 agustus 2022 dan akan dilanjutkan dengan verifikasi administrasi dan faktual.

"Karena tahapan pemilu sudah dimulai kami sadar peran serta media dalam membangun komunikasi sangat penting sehingga kami berkunjung ke PWI Jatim untuk meminta masukan dan kritikan agar kinerja KPU Surabaya ke depan lebih baik," jelasnya.

Sementara Ketu PWI Jatim Lutfil Hakim mengatakan, pertemuan kedua insan sangat baik untuk sinergi pada Pemilu 2024.

"Pertemuan ini sangat baik sekali dalam rangka membangun kemitraan antara insan pers dengan KPU Kota Surabaya. Keterbukaan informasi sangat penting untuk membentuk masyarakat yang cerdas dan dalam hal ini masyarakat yang sadar pemilu," ungkapnya.

Ia menyampaikan, fungsi pers sebagai penyampai informasi sangat tepat jika bersinergi dengan KPU Kota Surabaya, karena meski pemilu dan Pilkada Kota Surabaya diselenggarakan sekitar tahun 2024, namun berbagai tahapan pasti dihelat lebih awal.

"Tentunya terdapat tantangan yang tidak ringan dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada tersebut," tuturnya.

Pria akrab disapa Cak Item ini menambahkan, insan pers pasti akan membantu melalui pendidikan dan penyebarluasan informasi tentang kepemiluan, sekaligus mengawal proses demokratisasi di Kota Surabaya.

"Sehingga anggaran pemilu yang cukup besar ini linier dengan pemilu yang dihasilkan yakni pemilu yang berkualitas" bebernya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya