SUARA INDONESIA SURABAYA

Dua Tahun Absen, Parade Surabaya Kembali Digelar Usai Pandemi Covid-19

Magang - 06 November 2022 | 15:11 - Dibaca 2.83k kali
Peristiwa Daerah Dua Tahun Absen, Parade Surabaya Kembali Digelar Usai Pandemi Covid-19
Peserta Parade Surabaya Juang, bertolak dari Tugu Pahlawan menuju Balai Kota Surabaya, Minggu (6/11/2022). (Foto: Istimewa)

SURABAYA - Setelah absen selama dua tahun lantaran terdampak Pandemi Covid-19, Parade Surabaya Juang yang biasa dilaksanakan pada Bulan November kini hadir kembali.

Kehadirannya menjadi momen spesial bagi Kota Surabaya untuk memperingati Hari Pahlawan dengan mengusung tema 'Pahlawanku Teladanku'.

Parade Surabaya Juang tahun ini disambut begitu antusias oleh seluruh warga Kota Surabaya, yang memenuhi sepanjang rute parade. Bertolak dari Tugu Pahlawan menuju Balai Kota Surabaya. 

Sebanyak 3.500 peserta turut memeriahkan Parade Surabaya Juang tersebut. Parade berlangsung mulai pukul 07.00 sampai 11.00 WIB. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bangkesbangpol) Kota Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu, mengatakan parade ini dibuka pendaftaran untuk masyarakat umum Kota Surabaya. 

"Tujuannya, agar sama-sama ikut berpartisipasi menyambut kemeriahan Parade Surabaya Juang,” ucapnya.

Peserta parade terdiri dari berbagai kalangan. Khususnya pencinta sejarah Indonesia yang tinggal di Kota Pahlawan.

Tahun ini, Parade Juang Surabaya terasa lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Rangkaian acara didalamnya melibatkan berbagai komunitas kemasyarakatan Indonesia. mulai dari pecinta sejarah, sepeda dan mobil kuno (Jeep Willys). 

Penampilan yang dipertunjukan pun beragam. Mulai dari kesenian tari, musik, drumband, pembacaan puisi, Paskibraka, dan teatrikal yang dikemas dalam bentuk karnaval di Jalan Raya Kota Surabaya. 

Menurut Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Parade Surabaya Juang menjadi momentum dalam mentransformasikan nilai-nilai kepahlawanan. 

"Sekaligus untuk meneladani semangat kebangsaan dalam mengenang peristiwa 10 November 1945,” Ujarnya.

Tim pengaman acara juga tidak lupa mengingatkan seluruh penonton parade, untuk selalu berhati-hati dan tetap berada di belakang garis kuning, agar tidak mengganggu berjalannya acara.

Sumber rilis : Silvia Alda, Mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Magang
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya