SUARA INDONESIA SURABAYA

Anies Baswedan Ziarah ke Makam KH Mas Alwi, Pencetus Nama NU di Surabaya

Lukman Hadi - 19 March 2023 | 19:03 - Dibaca 1.59k kali
Peristiwa Internasional Anies Baswedan Ziarah ke Makam KH Mas Alwi, Pencetus Nama NU di Surabaya
Anies Baswedan Ziarah ke Makam KH Mas Alwi, Pencetus Nama NU di Surabaya.

SURABAYA - Anies Rasyid Baswedan berziarah ke makam pencetus nama Nahdlatul Ulama (NU) KH Mas Alwi, di Tambakrejo, Simokerto, Surabaya, Sabtu (18/3/2023) sore.

Napak tilas kali ini dilakukan Anies sebagai cara dia menghormati pendiri NU, sekaligus mengenang perjuangan Kiai Mas Alwi dalam upaya merebut kemerdekaan RI kala itu.

"Jadi saya dalam perjalanan kembali dari Madura, ziarah ke Makam KH Mas Alwi. Nah, KH Mas Alwi ini adalah orang yang mencetuskan nama Nahdlatul Ulama," ujar Anies kepada wartawan.

Anies menyebut bahwa banyak hal yang bisa dipelajari dari kisah dan sejarah yang diukir oleh KH Mas Alwi. Dia mengaku kagum kepada sosok KH Mas Alwi, karena semasa hidup sering keliling dunia, tapi tidak pernah lupa dengan Tanah Air.

"Kami ziarah ke sini untuk menghormati, dan memberikan pesan kepada semuanya, kepada diri kita semuanya, bahwa karya-karya yang kita hasilkan itu punya dampak yang panjang, dan salah satunya adalah KH Mas Alwi," beber Anies.

"KH Mas Alwi ini sempat berkeliling keluar Indonesia agak panjang, cuman karena pengalaman itulah beliau bisa berkarya dengan luar biasa," sambung dia.

Sebelum memasuki area makam, Anies sempat membeli bunga tabur di bagian depan area makam. Di sana, warga yang mengetahui langsung mengejar dan berebut salaman dengan Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Baru ini saya ketemu langsung sama Pak Anies. Seneng, orangnya murah senyum ternyata," ucap warga setempat, Supriyadi

Senada, Pujiati juga mengaku tak menyangka bisa bertemu langsung dengan Anies.

"Seneng ketemu Pak Presiden langsung. Tapi ya malu dorong ados (belum mandi)," ucap dia.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya