SUARA INDONESIA SURABAYA

Hampir Sepekan Ramadan, Makam Sunan Ampel Tak Pernah Sepi Peziarah

Lukman Hadi - 07 April 2022 | 04:04 - Dibaca 1.56k kali
Wisata Hampir Sepekan Ramadan, Makam Sunan Ampel Tak Pernah Sepi Peziarah
Peziarah di Makam Sunan Ampel Surabaya. (Foto: Lukman Hadi/suaraindonesia.co.id)

SURABAYA - Makam Sunan Ampel terletak di Kecamatan Semampir, Surabaya menjadi pilihan utaman wisata religi paling ramai dikunjungi.

Makam Sunan Ampel memang tidak pernah sepi dari peziarah. Setiap hari selalu ada peziarah dari berbagai daerah untuk memanjatkan doa dan tahlil. Terlebih pada Ramadan saat ini.

Menurut salah seorang petugas di Makam Sunan Ampel, Mustajab (80), banyak musafir yang berduyun-duyun datang setiap harinya. "Orang-orang di sini banyak yang musafir," terang Mustajab kepada suaraindonesia.co.is saat ditemui di kawasan Makam Sunan Ampel, Rabu (6/4/2022).

Kata Mustajab, sedikitnya situasi pandemi Covid-19 mempengaruhi jumlah peziarah serta pedagang yang menjajakkan jualan di sekitar kawasan Makam Sunan Ampel.

Ia menjelaskan, Makam Sunan Ampel sejak awal Ramadan masih terus didatangi peziarah. Tetapi jumlah tidak terlalu tinggi. Karena di bulan Ramadan ini 

"Kalau pagi sampai sore ya kira-kira sekitar 50 sampai 70 orang perhari. Kalau malam ramai peziarah kisaran 250 orang ke atas" bebernya.

Ia mengutarakan jika peziarah paling banyak yakni sesudah Nuzulul Qur'an. "Ramainya ya nanti sesudah Nuzulul Qur'an," sebutnya.

Di Masjid Sunan Ampel juga disediakan takjil buka puasa nasi bungkus maupun nasi kotak bagi peziarah.

Di satu sisi, ia menegasakan, apabila peziarah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang semestinya. Petugas secara rutin mengingatkan peziarah yang datang.

"Masih tetap menerapkan protokol kesehatan. Tetap dikontrol oleh petugas kepolisian dan satgas covid. Harus memakai masker," ungkapnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya