SUARA INDONESIA SURABAYA

Pegadaian Komitmen Bantu Pelaku UMKM untuk Naik Kelas

Lukman Hadi - 11 June 2022 | 16:06 - Dibaca 494 kali
Ekbis Pegadaian Komitmen Bantu Pelaku UMKM untuk Naik Kelas
Webinar Pegadaian membahas solusi pemberdayaan pelaku UMKM.

SURABAYA - PT Pegadaian menggelar webinar bertema "UMKM Siap Eksis di Pasar Global" yang dilaksanakan di The Gade Coffee Sarinah, Sabtu (11/6/2022).

Webinar tersebut sebagai bentuk komitmen Pegadaian untuk terus memfasilitasi dan membuat UMKM naik kelas.

Dalam webinar itu menampilkan narasumber Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, M Riza Damanik serta Pengamat Koperasi dan UKM Agus Muharram. Sementara Direktur Pusat Investasi Pemerintah Ririn Kadariyah sebagai keynote speaker.

Dalam sambutannya, Ririn Kadariyah mengatakan bahwa ekspor UMKM saat ini baru mencapai 15,69%. Pencapaian ini masih lebih rendah dibandingkan Thailand 29%, Singapura 41% dan Tiongkok 60%.

"Pemerintah menargetkan, ekspor produk UMKM tahun 2024 meningkat jadi 17%. Oleh karena itu perlu kerja sama semua pihak untuk berperan aktif mendukung pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya," terang Ririn.

Dirut PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan menyampaikan, Pegadaian terus konsisten memberikan solusi pembiayaan kepada pelaku usaha UMKM melalui produk yang berbasis gadai maupun fidusia. Dalam waktu dekat Pegadaian juga akan menyalurkan KUR Syariah dengan pinjaman sampai dengan Rp.10 juta dengan biaya modal 6% setahun.

"Penyaluran KUR Syariah ini merupakan salah satu solusi pembiayaan yang sangat kompetitif untuk para pelaku usaha mikro. Hal ini membuktikan komitmen Pegadaian sesuai dengan tagline Mengatasi Masalah Tanpa Masalah. Saya ingin masyarakat ingat UMKM, ingat Pegadaian," ujar Damar.

Sementara itu Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, M Riza Damanik mengatakan, untuk bisa eksis di pasar global, pelaku UMKM harus mempunyai daya juang yang tangguh dan konsisten dalam menyediakan produk yang berkualitas.

Sedangkan Pengamat Koperasi dan UKM Agus Muharram menyebutkan, institusi jasa keuangan, media massa dan pelaku UMKM harus berkolaborasi agar UMKM semakin maju dan berkembang.

"Industri jasa keuangan seperti Pegadaian harus memberikan akses pembiayaan yang mudah dan terjangkau. Sementara itu media massa mempunyai peran penting dalam menyebarkan informasi tentang produk-produk unggulan yang dihasilkan," paparnya.

Tidak hanya itu, kata Agus, pelaku UMKM juga harus mampu mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk memasarkan produk mereka di pasar global.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya