SUARA INDONESIA SURABAYA

Keputusan "Kontroversi" Wasit Jadi Bumbu Kemenangan Bajol Ijo dalam Derby Suramadu

Lukman Hadi - 28 February 2022 | 23:02 - Dibaca 387 kali
Olahraga Keputusan
Sundulan kepala Alie Sesay membuat Persebaga menang dalam Derby Suramadu melawan Madura United. (Foto: Instagram Persebaya)

SURABAYA - Persebaya Surabaya keluar sebagai pemenang dalam Derby Suramadu, melawan Madura United pada pekan ke-28 BRI Liga 1, Senin (28/2/2022).

Tim kebanggaan Bonek itu berhasil menumbangkan pasukan Sappe Kerap-julukan Madura United dengan skor 2-1.

Bajol Ijo bahkan sudah memimpin lewat gol cepat Bruno Moreira pada menit ke-2. Reva Adi yang menusuk ke kanan pertahanan Madura United mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti, umpan Reva sebenernya bisa diantisipasi bek Madura United dengan sundulan. Tetapi justru bola sundulan itu mengarah ke kaki Bruno, dengan cepat pemain berusia 22 tahun itu melesatkan sepakan keras yang tidak sanggup ditahan kiper Hong Jeong-nam.

Setelah unggul satu gol, anak asuh Aji Santoso bermain lebih sabar dengan lebih intens menguasai bola selama-lamanya. Permainan segitiga Persebaya cukup merepotkan pemain Madura United.

Petaka terjadi kepada Persebaya setelah kiper Ernando menjegal pemain Madura United di dalam kotak penalti. Wasit pun segera menghadiahi Tim Sappe Kerap sebuah tendangan penalti. Beto Goncalves yang menjadi eksekutor sukses membuat skor berimbang pada menit ke-28.

Setelah gol penalti Beto, kedudukan berubah menjadi 1-1. Hasil itu bertahan hingga penghujung babak pertama.

Di babak kedua, Persebaya kembali berinisiatif menguasai penguasaan bola. Tapi belum ada peluang-pelung bahaya yang tercipta. Bahkan tempo sedikit lebih menurun ketimbang babak pertama.

Sempat terjadi insiden benturan kepala dalam duel udara antara Rahmat Irianto dengan Novan Sasongko. Wasit menghentikan pertandingan sementara untuk perawatan kedua pemain. Cukup disayangkan, keadaan Novan tak cukup baik hingga membuat dirinya diganti, sementara Rahmat Irianto sanggup melanjutkan pertandingan. Tidak berselang lama, ia juga diganti karena kondisi tidak stabil akibat benturan kepala sebelumnya.

Gol kemenangan Persebaya tercipta di masa perpanjangan waktu melalui sundulan kepala Alie Sesay pada menit 90+3. Alie Sesay yang bebas tanpa penjagaan pemain Madura United berhasil memanfaatkan umpan Marselino Ferdinan.

Dalam pertandingan tersebut terjadi beberapa keputusan kontroversi oleh wasit. Seperti dua pelanggaran pemain Madura United terhadap pemain Persebaya di dalam kotak penalti. Atas kejadian itu wasit tidak menganggap sebuah pelanggaran. Bahkan, pelanggaran yang dialami Samsul Arif di dalam kotak penalti tidak diganjar penalti, padahal wasit tepat di depan insiden tersebut.

Dengan kemenangan Derby Suramadu ini, Persebaya naik satu tingkat ke posisi keempat dengan 54 poin. Sementara Madura United tertahan di posisi ke-13 dengan 30 poin.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya