SUARA INDONESIA SURABAYA

Ketahui Mulai Sekarang, Resiko Olahraga Saat Cuaca Dingin Sebabkan Paru-Paru Stres

Lukman Hadi - 30 November 2021 | 20:11 - Dibaca 2.09k kali
Kesehatan Ketahui Mulai Sekarang, Resiko Olahraga Saat Cuaca Dingin Sebabkan Paru-Paru Stres
Ilustrasi olahraga saat hujan. (Foto: iStock)

SURABAYA - Olahraga merupakan aktivitas positif yang membuat kondisi badan sehat dan bugar. Tapi tunggu, itu tidak lantas membuat anda bisa berolahraga setiap waktu.

Ada waktu paling pas untuk anda berolahraga. Karena olahraga pada waktu tertentu bisa saja menimbulkan resiko bagi kondisi tubuh anda.

Seperti berolahraga pada saat cuaca dingin. Mengapa? Olahraga di saat cuaca dingin dapat membuat paru-paru stres.

Menyadur Insider, sorang pakar, Profesor Kinesiologi dan Olahraga University of Alberta, Michael Kennedy menyarankan, untuk mengurangi intensitas olahraga saat cuaca kisaran di bawah 30 derajat.

Baca Juga: Lakukan 5 Gerakan Ini di Pagi Hari, Jaga Kebugaran Tubuh dan Bakar Kalori

Menurut Prof Kennedy, bernapas cepat di cuaca dingin dan kering akan membuat paru-paru stres, sehingga dapat menyebabkan gejala seperti batuk dan sakit tenggorokan.

"Paru-paru adalah organ unik di dalam tubuh, karena bisa membuat udara dengan mudah masuk dan mengalir," kata Prof Kennedy sebagaimana dikutip dari Insider.

Saran berikutnya dari Prof Kennedy ialah sebisa mungkin untuk melakukan aktivitas yang tidak mengganggu kerja paru-paru. Salah satunya mengurangi intensitas olahraga serta memakai masker, dan dan biarkan paru-paru menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. 

Baca Juga: Manfaat Olahraga di Malam Hari, Imun Meningkat dan Tidur Jadi Nyenyak

Karena, kata Kennedy, ketika paru-paru dalam kondisi tegang atau stres, itu bisa membawa dampak seperti flu, batuk, pilek, perasaan paru menyempit, sakit tenggorokan, hingga batuk berdahak.

"Jika anda memilih untuk olahraga, anda harus mengurangi intensitasnya tidak terlalu berat agar tidak semakin menekan paru-paru," terangnya.

Oleh karena itu, anda harus hati-hati dan tepat dalam memilih waktu berolahraga, agar hasilnya berdampak positif bagi tubuh. Apalagi sekarang hampir seluruh wilayah di Indonesia mulai diguyur hujan setiap hari. Sehingga cuaca dingin akibat hujan sangat terasa.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya