SUARA INDONESIA SURABAYA

Jaga Kesehatan Jantung dengan Lakukan 5 Olahraga Ini

Lukman Hadi - 18 April 2022 | 13:04 - Dibaca 732 kali
Kesehatan Jaga Kesehatan Jantung dengan Lakukan 5 Olahraga Ini
Gerakan olahraga yoga. (Foto: Pixabay/free)

SURABAYA - Olahraga memiliki peran penting bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Pada umumnya, berolahraga dilakukan waktu pagi atau sore hari.

Berolahraga secara rutin dan benar mampu mencegah resiko segala penyakit pada organ tubuh.

"Olahraga dapat membantu mengendalikan faktor risiko kardiovaskular seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas," ungkap ahli jantung Lance LaMotte dari American College of Cardiology menyadur dari suara.com, jaringan suaraindonesia.co.id, Senin (18/4/2022).

Berikut jenis atau gerakan olahraga dapat mengontrol atau menguatkan kondisi jantung secara khusus.

1. Latihan interval

Latihan interval seperti senam aerobik bisa menjadi opsi bagi Anda yang memiliki jadwal padat. Anda bisa menerapkan senam aerobik selama 15 menit.

Latihan interval mempunyai aturan praktis untuk tetap menjaga waktu latihan secara intens berulang-ulang, diikuti periode istirahat dengan durasi sama atau lebih pendek di antara gerakan.

2. Angkat beban

Angkat besi merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan detak dan meningkatkan kekuatan jantung.

Satu studi menemukan bahwa mengangkat beban dapat mengurangi risiko stroke atau serangan jantung sekitar 40% hingga 70%.

3. Berjalan santai

Melakukan gerakan olahraga ringan seperti berjalan santai sangat bermanfaat bagi tubuh. Anda bisa menerapkan gerakan ini di mana saja.

"Berjalan adalah latihan intensitas rendah yang terbukti bermanfaat bagi jantung, terutama saat berjalan dengan langkah cepat dan mengayunkan lengan," terang ahli jantung Suzanne Steinbaum.

4. Yoga

Yoga dikenal dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan, serta membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri.

5. Renang

Berenang memang dipercaya sebagai aktivitas olahraga berdampak baik pada tubuh.

Olahraga ini membuat paru-paru dan jantung kuat dan, bahkan, membantu menurunkan tekanan darah. Berenang menjadi pilihan aerobik yang bagus jika Anda baru pulih dari cedera.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya