SUARA INDONESIA SURABAYA

Begini Teknik Dasar Memainkan Reog, Butuh Latihan Rutin dan Serius

Redaksi - 09 August 2022 | 13:08 - Dibaca 707 kali
Budaya Begini Teknik Dasar Memainkan Reog, Butuh Latihan Rutin dan Serius
Reog Ponorogo. (Foto: iStockphoto/free)

SURABAYA - Reog merupakan kesenian turun temurun dari leluhur Indonesia. Reog adalah sebuah tarian tradisional sebagai hiburan rakyat. 

Reog sendiri terbuat dari kayu yang diukir menyerupai kepala harimau atau macan, beratnya sampai puluhan kilo dan bambu yang dipilin dan dianyam dikombinasikan dengan rotan yang menyerupai burung merak, beratnya juga sampai puluhan kilo. 

Untuk bermain Reog tidaklah mudah, ada trik sendiri untuk memainkan Reog. Meskipun ada triknya sendiri tetap harus dilakukan oleh profesional. Simak berikut trik memainkan Reog.

Teknik Mendasar Memainkan Reog

1. Songgo Pundak, Biasanya pemain Reog menitikberatkan di bagian gigi dan kepala nah kita alihkan titik beratnya di bagian pundak kita

2. Songgo Tangan, ini adalah dengan menitikberatkan berat Reog pada bagian kedua tangan, gigi dan kepala

3. Songgo Wojo, ialah teknik pengalihan tumpuhan berat Reog saat menari pada gigi dan kepala. 

4. Pastikan badan tetap seimbang dan sedikit merundukkan badan dengan menitikberatkan pada bagian tubuh belakang, serta dengan kuda-kuda kaki yang kuat.

5. Jika bergerak maka bebannya akan lebih berat. Maka dari itu, pemain harus berlatih dengan sungguh-sungguh sebelum mencoba.

6. Sebagai tambahan saat latihan, Anda harus bisa mengangkat sebuah barbel mini buatan sendiri dengan hanya menggunakan gigi dan sering melakukan hand stand sambil menggigit bambu agar memperkuat daya gigit Anda terhadap kepala singo barong Reog.

7. Kuncinya harus yakin jika bisa melakukan tarian Reog, karena tanpa rasa yakin, mungkin bisa mematahkan leher.


Pewarta  : Panca

Editor       : Lukman Hadi

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya