SUARA INDONESIA SURABAYA

Ini Alat Musik yang Biasanya Jadi Pengiring Tarian Reog

Redaksi - 12 August 2022 | 14:08 - Dibaca 626 kali
Budaya Ini Alat Musik yang Biasanya Jadi Pengiring Tarian Reog
Alat musik pengiring kesenian Reog. (Foto: iStockphoto/free)

SURABAYA - Reog Ponorogo merupakan budaya Indonesia yang masih bertahan di era modern ini, Reog termasuk tarian tradisional turun temurun dari leluhur kita. 

Tak heran jika kesenian tersebut masih banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia, dengan iringan alat musik tradisional yang membuat kita ingin melihat pagelaran Reog setiap hari. 

Berbincang Reog Ponorogo, apakah kalian tahu apa saja alat musik tradisional yang membuat Reog bisa memikat hati para penonton? 

Nah berikut ini ulasan alat musik tradisional yang membuat iringan Reog Ponorogo merdu.

1. Kempul

Alat musik pukul yang sumber bunyinya berbentuk pencon seperti alat musik Gong dan Kempul pada gamelan Jawa, ditabuh dengan tabuh khusus. Pada reog Ponorogo kempul berfungsi sebagai penegas ketukan atau beat dalam suatu alunan/ricikan permainan. Pada stand atau penyangga kempul diatasnya terdapat ukiran berbentuk naga yang secara filosofi memiliki arti sebagai sumber kehidupan.

2. Kenong atau Kethuk

Alat musik pukul yang juga sumber bunyinya berbentuk pencon seperti Kempul, hanya saja berukuran lebih kecil. Istilah Kenong pada karawitan Jawa adalah alat musik yang berbeda dengan istilah Kenong pada permainan musik reog, bentuk dan ukuran Kenong pada reog Ponorogo sama seperti alat musik Kethuk di karawitan Jawa. Sebaliknya Kenong pada karawitan Jawa memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dengan Kenong pada Reog Ponorogo.

3. Angklung

Alat musik ini mengeluarkan bunyi melalui benturan antara bambu dengan cuthik yang fungsinya sebagai resonator. Sistem nada atau laras yang digunakan adalah pelog tapi biasanya menggunakan laras sesuai kebutuhan. Yang membedakan angklung pada umumnya dengan angklung reog adalah hiasan dengan warna dominan reog seperti merah dan kuning.

4. Kendang

Terbuat dari kayu luang dan dijalin dengan kawat, dilapisi kulit lembu/kerbau muda. Ada perbedaan dalam cara memainkan alat musik kendang yaitu saat membunyikan Dhe, di Ponorogo Jawa Timur menggunakan tangan kiri tapi di daerah Solo menggunakan tangan kanan. Perbedaan peran kendang juga dimiliki antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah, di Jawa Timur kendang berperan sebagai penentu gerakan tarian tapi di Jawa Tengah kendang berperan sebagai penentu berubahnya ricikan gendhing.

5. Ketipung

Bentuk dan bahan pembuatannya sama seperti kendang hanya ukurannya lebih kecil. Ketipung dimainkan imbal-imbalan dengan kendang utama. Dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari kayu (stick).

6. Sompret

Dibuat dengan kayu jati, pada bagian sekeliling mulutnya dibuat menyerupai kumis tebal menggunakan batok kelapa. Ditiup menggunakan kepyak yang terbuat dari pupusnya pohon koprak. Sompret reog berfungsi sebagai ajak-ajak dalam sajian musik reog sekaligus sebagai penghias dalam musik reog.


Pewarta : Panca

Editor      : Lukman Hadi

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya