SUARA INDONESIA SURABAYA

Kenali Tokoh-tokoh dalam Kesenian Tari Reog, Hiburan Rakyat yang Masih Dilestarikan.

Redaksi - 10 August 2022 | 15:08 - Dibaca 1.51k kali
Budaya Kenali Tokoh-tokoh dalam Kesenian Tari Reog, Hiburan Rakyat yang Masih Dilestarikan.
Tokoh dalam seni Reog. (Foto: iStockphoto)

SURABAYA - Reog merupakan kesenian turun temurun dari nenek moyang Indonesia. Reog sendiri termasuk tarian tradisional yang masih populer di masyarakat hingga saat ini. 

Tak hanya terkenal di masyarakat Indonesia, Reog juga terkenal di negara-negara tetangga bahkan negara di dunia pun mengakui akan keunikan kesenian tersebut. 

Dengan gerak gerik tarian yang unik dan iringan musik tradisional yang merdu, membuat kalian akan terhipnotis untuk melihat kesenian tersebut. 

Selain itu, Reog juga terkenal akan tokoh-tokohnya, seperti halnya Singo Barong yang menjadi peran utama di kesenian tersebut, dan masih ada banyak lagi tokoh-tokoh Reog lainnya. 

Nah, bagi kalian jangan ngaku pencinta Reog deh, kalau tokoh-tokohnya saja masih belum ngerti.

Nah, bagi kalian yang belum tahu tokoh-tokoh seni dalam Reog, kalian bisa simak ulasan berikut ini seperti dikutip dari Wikipedia.

Tokoh-Tokoh dalam Reog

Klono Sewandono

Klono Sewandono atau Raja Klono adalah seorang raja sakti mandraguna yang memiliki pusaka andalan berupa cemeti yang begitu ampuh dengan sebutan Pecut Samandiman.

Pusaka tersebut digunakan untuk melindungi dirinya. Kegagahan sang Raja digambarkan dalam gerak tari yang lincah serta berwibawa.

Warok

Warok atau wewarah adalah orang yang mempunyai tekad suci, memberikan tuntunan dan perlindungan tanpa pamrih. Warok adalah wong kang sugih wewarah (orang yang kaya akan wewarah). Artinya, seseorang menjadi warok karena mampu memberi petunjuk atau pengajaran kepada orang lain tentang hidup yang baik.

Warok merupakan bagian peraga dari kesenian Reog yang tidak terpisahkan dengan peraga yang lain dalam unit kesenian Reog Ponorogo. Warok adalah seorang yang betul-betul menguasai ilmu baik lahir maupun batin.

Jathil

Jathil adalah prajurit berkuda dan merupakan salah satu tokoh dalam seni Reog. Jathilan merupakan tarian yang menggambarkan ketangkasan prajurit berkuda yang sedang berlatih di atas kuda. Tarian ini dibawakan oleh penari di mana antara penari yang satu dengan yang lainnya saling berpasangan. Ketangkasan dan kepiawaian dalam berperang di atas kuda ditunjukkan dengan ekspresi atau semangat sang penaripenari. 

Jathil ini pada mulanya ditarikan oleh gemblak, laki-laki yang halus, berparas tampan atau mirip dengan wanita yang cantik. Gerak tarinya pun lebih cenderung feminin.

Bujang Ganong

Bujang Ganong atau Patih Pujangga Anom menggambarkan karakter yang energik dan seorang patih muda. Meskipun secara fisik cenderung buruk rupa, tetapi memiliki kepribadian cekatan, cerdik, jenaka dan sakti.

Topeng Bujang Ganong berwarna merah menyala dengan khas mata yang melotot, hidung yang besar, dan gigi yang menonjol. Topeng tersebut terbuat dari kayu dadap, sedangkan rambut pada topengnya terbuat dari ekor kuda.

Singo Barong

Singo Barong adalah tokoh dan penari berkepala macan dengan hiasan merak dan paling dominan dalam kesenian Reog Ponorogo.


Pewarta : Panca

Editor      : Lukman Hadi

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya