SUARA INDONESIA SURABAYA

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Kaki

Lukman Hadi - 07 February 2022 | 20:02 - Dibaca 394 kali
Kesehatan Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kram Kaki
Ilustrasi kram kaki. (Foto: iStockPhoto/free)

SURABAYA - Bagi pencinta olahraga, kram pada kaki merupakan suatu kondisi yang paling dihindari. Terlebih bagi atlet seperti pemain sepak bola, bulu tangkis, dan sebagainya.

Kendati demikian, kondisi kram bisa dialami kapanpun dan di manapun oleh setiap orang. Jadi, tidak hanya kepada atlet atau orang yang gemar olahraga.

Kram merupakan sensasi atau kejang otot yang terjadi di area tubuh tertentu, salah satunya pada kaki atau betis. Area otot kaki kram akan mengalami kontraksi.

Kondisi kram bisa muncul secara tiba-tiba dengan menimbulkan rasa nyeri. Kram biasanya berlangsung beberapa detik atau menit, tergantung lama otot berkontraksi.

Kram juga bisa dialami ketika saat keadaan tidur. Sehingga hal itu sangat menganggu kualitas tidur seseorang.

Karena itu, Anda harus mengetahui beberapa peyebab terjadinya kram terlebih dulu sebelum mengatasinya.

Adapun beberapa penyebab terjadinya kram:

1. Malas Bergerak

Minim bergerak menjadi salah satu faktor Anda bisa mengalami kram, salah satunya pada kaki.

Ketika Anda malas bergerak, maka otot pada kaki menjadi kaku karena jarang aktif sehingga tidak mengalami relaksasi. Sehingga menjadi penyebab kram.

2. Duduk Terlalu Lama

Kram bisa juga disebabkan karena terbiasa duduk dalam waktu yang cukup lama. Sehingga tekanan pada kaki sangat banyak. Anda juga perlu berhati-hati dalam mengambil posisi saat duduk. Salah mengambil posisi duduk juga dapat menimbulkan kram, seperti duduk kaki menyilang.

Sementara berikut cara mengatasi kram:

1. Olahraga Rutin

Olahraga secara rutin dengan teratur lebih berpotensi terhindar dari kram. Dengan begitu, kondisi otot dan tubuh selalu prima.

Sebelum memulai olahraga alangkah baiknya Anda melakukan pemanasan dan melakukan pendinginan sesudahnya.

2. Peregangan Otot

Anda perlu melakukan peregangan otot ketika sedang beraktivitas. Hal itu bisa membuat otot Anda tidak terlalu kaku, sehingga terhindar dari kram.

3. Pola Hidup Sehat

Semua itu kembali lagi pada pola hidup yang Anda terapkan. Ketika Anda sudah menerapkan dan meningkatkan kualitas pola hidup sehat setiap hari, maka potensi penyakit sangat minim.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya