SUARA INDONESIA SURABAYA

Memahami Wanita dan Pria yang Memasuki Menopause dan Andropause

Lukman Hadi - 20 October 2023 | 06:10 - Dibaca 3.06k kali
Kesehatan Memahami Wanita dan Pria yang Memasuki  Menopause dan Andropause
ilustrasi menopause. (foto: freepik.com)

SURABAYA, Suaraindonesia.co.id - Menopause merupakan proses alami menuju penuaan yang kerap membuat was-was kaum wanita ketika usianya menginjak di atas  40 tahun. Tak hanya wanita, pada usia setara, laki-laki juga mengalami andropause.  Ketika menginjak usia itu, maka pria ataupun wanita harus mempersiapkan diri.

Dokter spesialis andrologi Rumah Sakit Ibu dan Anak Ferina dr. Cennikon Pakpahan menyampaikan, menopause dan andropause adalah tahapan selanjutnya yang akan dihadapi laki-laki dan wanita ketika usia semakin bertambah.

"Menopause dan andropause merupakan suatu tahapan dalam kehidupan yang jarang dipaparkan namun mempunyai pengaruh besar di dalam kehidupan seseorang," ungkapnya.

Kekhawatiran itu ditangkap oleh Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ferina Surabaya, yang bakal menggelar seminar bertajuk "Halo Menopause-Andropause!" pada Minggu 22 Oktober 2023.  Selain Cennikon, ada pembicara lainnya, yang berasal dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Ferina Surabaya, yakni dr. Sonny Iwan Santoso.

dr. Cennikon Pakpahan  menyampaikan, tujuan seminar tentur sebagai upaya meningkatkan awareness masyarakat terhadap menopause dan andropause.  "Usia bertambah tua, tentu fungsi dan kerja tubuh juga mengalami perubahan dan penyesuaian dengan tahapan yang baru. Baik laki-laki dan perempuan akan mengalami penyesuaian dengan pertambahan usia," kata dia.

Ia mengingatkan, jika menopause dan andropause menanti bukan menjadi penghalang tetap menikmati hidup yang berkualitas di masa usia lanjut. "Menjadi tua seperti sebuah takdir yang seolah-olah hanya dijalani begitu saja," tuturnya.

Dengan ini, Rumah Sakit Ibu dan Anak Ferina Surabaya mengajak masyarakat berusia 45 tahun di atas yang berminat untuk bisa mengikuti seminar tersebut. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Danu Sukendro

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya