SUARA INDONESIA SURABAYA

BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak Sosialisasi MLT dan JMO

Imam Hairon - 17 April 2023 | 15:04 - Dibaca 1.28k kali
Kesehatan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak Sosialisasi MLT dan JMO
BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak bersama perusahaan peserta, sosialisasi MLT perumahan dan aplikasi JMO

SURABAYA - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Surabaya Tanjung Perak belum lama ini telah mensosialisasikan penggunaan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) perumahan yang bisa diperoleh para peserta.

Dengan menggandeng Bank Tabungan Negara (BTN), kegiatan yang dilakukan secara onsite ini dihadiri sejumlah perwakilan perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak.

Dalam sosialisasi ini perwakilan perusahaan diberi pemahaman tentang fasilitas pembiayaan rumah dalam Program Jaminan Hari Tua (JHT), mulai dari tata cara pemberian, persyaratan dan jenis manfaat layanan tambahan, serta tentang kelebihan dan cara penggunaan JMO.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak, Theresia Wahyu Dianti mengatakan, sesuai Permenaker 17/2021 ada tiga jenis MLT perumahan dari program JHT, yakni Pembiayaan Uang Muka Perumahan (PUMP), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP).

MLT ini bisa dipergunakan oleh peserta program JHT dengan syarat diantaranya belum memiliki rumah, terdaftar sebagai peserta JHT selama minimal satu tahun, tertib administrasi dan aktif membayar iuran, serta bekerja di perusahaan yang bukan Perusahaan Daftar Sebagian (PDS).

"Sosialisasi ini juga bagian dari upaya optimalisasi penyelenggaraan program BPJS Ketenagakerjaan di Surabaya melalui tertib administrasi dan tertib kewajiban, di samping upaya meningkatkan kualitas dan kemudahan layanan pada peserta,” ujar Theresia.

"Kegiatan ini juga untuk membangun komunikasi dua arah antara BPJS Ketenagakerjaan sebagai badan penyelenggara dengan perusahaan sebagai peserta," lanjut Theresia dengan didampingi Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak, Suryaningsih.

“Selain itu untuk meningkatkan kesadaran perusahaan akan kewajiban dan kepatuhan pemberi kerja atau pemilik usaha, bahwa tertib administrasi dan tertib kewajiban secara tepat waktu akan berdampak kepada kemudahan dan kecepatan pelayanan kepada peserta,” pungkas Theresia.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Imam Hairon
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya